Mau Tahu Manfaat Unik Garam Dapur?

Diposting oleh Media Online on Rabu, 09 Maret 2011

Garam bukan hanya berguna sebagai penyedap makanan. Bumbu dapur bercita rasa asin ini, juga memiliki manfaat untuk membersihkan berbagai macam noda, kotoran, sampai aroma tertentu.


Mau tahu apa saja kegunaannya? Simak sejumlah tips berikut ini:

Karpet
Untuk membersihkan noda di atas karpet kesayangan Anda, oleskan campuran garam, cuka, dan boraks masing-masing dalam takaran yang sama. Diamkan selama beberapa saat hingga kering, kemudian bersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Teko kopi
Untuk membersihkan noda karat bekas kopi pada teko logam, masukkan 2-3 sendok makan garam ke dalamnya, lalu didihkan di atas api.

Porselen
Untuk membersihkan piring dan perangkat memasak yang terbuat dari porselen, oleskan campuran garam dan cuka dalam takaran yang sama. Lalu, gosok permukaannya secara menyeluruh.

Emas
Campurkan garam, tepung, dan cuka dalam takaran yang sama. Lalu, gosokkan campuran tersebut pada logam mulia Anda.

Logam
Untuk logam lebih keras seperti baja antikarat, gunakan campuran garam dan jus lemon untuk menggosok permukaannya. Bilas, lalu keringkan.

Tangan
Gunakan campuran cuka dan garam untuk menghilangkan bau bawang putih atau bawang merah dari tangan Anda.

Oven
Untuk membersihkan oven secara menyeluruh, oleskan campuran garam, cuka, dan soda kue. Gosok campuran tersebut, kemudian bersihkan menggunakan kain lembap.

Jika oven ketumpahan sesuatu saat memasak, taburi area tersebut dengan garam hingga cairan terserap, kemudian bersihkan.

Kulkas
Bersihkan lemari pendingin Anda dengan campuran garam dan air soda.

Karat
Buat pasta dari garam, krim tartar, dan air. Oleskan campuran tersebut ke area berkarat pada logam. Biarkan kering di bawah sinar matahari. [mediaindonesia.com]

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar